Promo Era Blue

Berbagai Promo Di Era Blue Peralatan elektronik dan Perlengkapan Alat Rumah Tangga

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi ternyata mampu menjadi pendorong majunya kehidupan manusia dalam berbagai aspek, terlebih dengan hadirnya teknologi internet yang mampu menjadi jembatan komunikasi antar manusia di muka bumi. Semakin banyak manusia yang menyadari peranan yang dimainkan oleh produk teknologi informasi dan komunikasi dan mencoba mengikuti Perkembangan di bidang TIK dari masa ke masa sangat pesat dan perannya dalam kehidapuan Manusia dapat dirasakan dalam berbagai bidang kegiatan kehidupan manusia, baik secara individu .ataupun kelompok (organisasi atau perusahaan). Y.Maryono(2008).
 
1.Peranan TIK dalam Keluarga
Semakin terjangkaunya harga komputer mengakibatkan semakin banyak pula keluarga yang dapat dilakukan dengan bantuan sebuah komputer, seperti mengerjakan tugas sekolah, belajar, mengatur keuangan keluarga,mendengarkan musik, menonton video, dan bermain games. Bagi keluarga-keluarga di negara maju, komputer juga digunakan sebagai alat untuk berbelanja secara elektronik dengan cara melakukan pemesanan barang secara on-line dan melakukan pembayaran secara elektronik. Barang yang dibeli akan segera diantara ke rumah sehingga pembeli tidak perlu beranjak dari rumah.

2.Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan

Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, terutama komputer dan internet sudah lama dimanfaatkan oleh negara maju. Dengan teknologi komputer dan internet, para siswa atau mahasiswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelaas. Mereka dapat belajar di mana pun karena hampir semua materi pelajaran dapat diperoleh melalui CD atau langsung di akses melalui internet. Secara umum, peran TIK dalam lingkungan pendidikan dapat dirasakan oleh para siswa, sekolah, dan orang tua.

A. Bagi Siswa atau Mahasiswa
Komputer dan jaringan komputer memberikan kemudahan bagi Siswa atau Mahasiswa.Siswa dapat memperoleh bahan—bahan pembelajaran melalui perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book), Email,teleconferenced video-conference.

B. Bagi Guru atau Sekolah
Di samping untuk kegiatan pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan untuk kegiatan adminstratif para guru. Misalnya, mengetahui data siswa. Kegiatan pemrosesan nilai untuk menentukan nilai rata-rata, ranking, kelulusan, dan kejuaraan sekolah dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan tepat. Sehingga guru tidak perlu lagi melakukan secara manual.

C. Bagi Orang Tua

Penggunaan teknologi dan komunikasi memungkinkan orang tua dapat memantau perekembangan pendidika anaknya melalui komputer dan internet. Sehingga, mereka dapat mengetahui dan melihat hasil pembelajaran anaknya. Mulai nilai harian, penugasan, nilai ujian, dan perestasi secara keseluruhan.
 
3.Peranan TIK Dalam Kantor
Komputer banyak digunakan di kantor-kantor untuk membantu pekerjaan adminstrasi. Pembuatan surat-surat yang dahulu menggunakan mesin tik manual kini digantikan oleh komputer. DI samping hasilnya lebih rapi dan dapat dikoreksi sebelum dicetak. Surat juga dapat disimpan dalam bentuk dokumen elektronik. Apabila suatu saat diperlukan kembali maka dokumen/file tersebut dapat di panggil kembali atau diubah sesuai keperluan. Jelas ini dapat mengehemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mengetik lagi. Selain pekerjaan tulis menulis, di dalam kantor juga terdapat kegiatan penyimpannan dokumen penting. Dokumen yang telah disimpan dinamakan arsip.


DAFTAR PUSTAKA
Maryono, Y. Tekonologi Informasi dan Komunikasi .Bogor:Yudhistira,2008.