Promo Era Blue

Berbagai Promo Di Era Blue Peralatan elektronik dan Perlengkapan Alat Rumah Tangga

Pengantar Telematika,Tugas 2 : Studi Kasus Telematika

Studi kasus :
Saat ini layanan triple play yang menggabungkan langganan TV kabel, telepon rumah dan akses internet tengah bergeliat. Di sisi lain, operator penyedia jasa tersebut dianggap memiliki tantangan tersendiri karena faktor infrastruktur dan budaya masyarakat. Di Indonesia pemain triple play yang bisa disebutkan adalah Telkom IndiHome, First Media, MNC Play, atau Biznet. Diantara pemain ini, hanya Telkom yang memberikan layanan jasa telepon dasar (Jaspondas) di jaringan telepon tetap (Jartap). "Triple play itu tren teknologi dan merupakan peningkatan layanan kepada masyarakat. Teknologi berubah dari kabel tembaga menjadi kabel optik. Dari kabel optik ini bisa berjalan beragam layanan yang bisa diberikan. Nah, mengkomunikasikan Triple play di tengah masyarakat yang terbiasa dengan One Play (Jaspondas) ini bukan perkerjaan mudah,” ungkap Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Kristiono, saat berbincang dengan CNN Indonesia.

Analisis :
Setelah saya membaca  studi kasus  diatas mengenai pelayanan tv kabel dan Wifi, dengan perkembangkan sangat pesat kemajuan smartphone semakin banyak diminati dari berbagai kalangan dari yang termurah, sedang, dan termahal. Maka dari itu semakinn banyak yang membutuhkan koneksi  internet maka telkom. First media, mnc play, atau biznet  sendiri harus bisa melihat pasar yang ada dengan harga yang relatif  dan harus memperudah calon penggunan, untuk meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal maka diharuskan meingkatkan jaringan dan paket internete yang tersedia lebih banyak agar bisa menjangkau berbagai kalangan.

Solusi :

Telkom mengambil langkah turut memutus jaringan telepon rumah dari pelanggan IndiHome karena layanan ini memanfaatkan jaringan data berbasis kabel fiber optik yang juga dipakai pada Internet dan televisi berlangganan. Jemy berkata, begitu layanan Internet dari pelanggan IndiHome disetop, maka layanan voice (suara) pada telepon rumah tidak bisa jalan karena seharusnya ia melewati infrastruktur data Internet. “Kalau fiber, telepon itu “ditumpangkan” di atas layanan data Internet-nya,” tegas Jemy. Seperti diketahui, paket IndiHome dari Telkom membundel layanan Internet, telepon rumah, dan televisi berlangganan menjadi satu atau yang mereka sebut Triple Play. Pada awal Februari 2016 ini Telkom juga mengambil langkah memberlakukan Fair Usage Policy (FUP) atau aturan pemakaian wajar kepada pelanggan Internet. Langkah ini diambil karena BUMN telekomunikasi itu menemukan ada pelanggan yang menggunakan bandwidth secara berlebihan hingga 10.000 GB per bulan